Mitos dan fakta ibu menyusui

Sore bun,posting kedua di hari ini penulisakan membahas mitos tidak benar ibu menyusui,bayak sekali informasi yang tidak jelas tentang pemberian asi pada anak,ini penulis kasih infonya yang benar dan tidak benar,simak ya bun;


1.Mitos; ibu dengan payudara kecil produksi asinya sedikit.
Fakta ; ukuran payudara tidak ada hubungannya dengan produksi asi.

2.Mitos: asi yang keluar dari ibu di atas usia 40 tahun sudah tidak ada lagi dan tidak berkualitas
Fakta; yang menentukan kualitas asi adalah asupan nutrisi si ibu.

3.Mitos; asi pagi hari itu basi
Fakta; asi kapanpun di berikan selalu dalam kondisi yang baik
.
4.Mitos; asi yang keluar setelah bayi lahir harus di buang
Fakta; asi yang keluar setalah bayi dilahirkan adalah colostrum yang manfaatnya sangant besarbagi system imunitas.

5.Mitos; kalo bayi sakit,maka ibunya yang minum obatnya supaya asinya mengandung obat
Fakta;  bayi sakit ya yang minum obat si bayinya,obat tidak ada yang diserap oleh asi jadi tidak ngefek.

6.Mitos; asi yang disimpan lama kan berubah jadi darah
Fakta; asi takan berubah warna jadi merah,klo banyak jadi darah banyak vampir donk yang minta mimi,hihi

7.Mitos;. Kebanyakan wanita tidak bisa menghasilkan ASI yang cukup.
Fakta;  TIDAK BENAR! Hampir semua wanita menghasilkan ASI lebih dari cukup. Biasanya, hal ini disebabkan oleh pelekatan — yaitu posisi mulut bayi pada payudara ibu — yang kurang tepat. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang ibu baru untuk segera, pada hari pertama kelahiran, dipandu untuk melakukan pelekatan secara benar oleh seseorang yang benar-benar mengerti mengenai teknik pelekatan yang tepat.

8.Mitos; Normal kok kalau payudara/puting terasa sakit pada saat kita sedang menyusui.
Fakta; TIDAK BENAR!   kondisi ini seharusnya hanya berlangsung selama beberapa hari saja, Sakit atau lecet pada puting yang berlangsung selama lebih dari 3-4 hari tidak boleh diabaikan, harus dicari tahu penyebabnya. Membatasi waktu menyusu pada payudara juga bukan merupakan cara yang tepat untuk mencegah timbulnya puting lecet. Usahakan agar tindakan mengistirahatkan payudara dan puting sakit sebagai solusi yang terakhir.

9.Mitos;tiga sapai empat hari setelah kelahiran bayi, ASI memang belum (cukup) keluar.
Fakta; TIDAK BENAR! Seringkali memang nampak seperti demikian keadaannya karena posisi pelekatan bayi belum sempurna sehingga bayi tidak berhasil untuk minum ASI yang tersedia dalam payudara ibunya.

10.Mitos; Bayi ASI perlu tambahan asupan vitamin D
Fakta; TIDAK BENAR! Semua orang butuh vitamin D. Produsen susu formula memang menambahkannya pada produk mereka. Namun, bayi lahir dengan hati yang penuh dengan vitamin D, serta kebiasaan menjemur bayi setiap pagi juga membantu dia mendapatkan tambahan vitamin D melalui sinar ultra violet.

11.Mitos; Seorang ibu harus mencuci putingnya setiap kali sebelum mulai menyusui.
 Fakta; TIDAK BENAR!. Membersihkan/mencuci puting malah akan menghilangkan minyak-minyak alami yang melindungi puting dari resiko lecet karena puting kering.

12.Mitos; Dengan memompa/memerah ASI, seorang ibu bisa tahu berapa banyak ASI yang dihasilkan olehnya.
Fakta; TIDAK BENAR! Seberapa banyak ASI yang berhasil diperah/dipompa tergantung pada banyak sekali faktor, termasuk tingkat stres seorang ibu.

13. Mitos; ASI tidak cukup mengandung zat besi untuk memenuhi kebutuhan bayi.
Fakta;TIDAK BENAR! ASI mengandung zat besi dalam jumlah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan bayi.

14.Mitos;susu formula hampir sama kandungannya dengan ASI.
Fakta; TIDAK BENAR! Susu formula tidak mengandung zat antibodi atau kekebalan tubuh, sel-sel hidup, enzim-enzim, dan tidak mengandung hormon. Dibandingkan ASI, susu formula mengandung lebih banyak zat aluminium, mangan, cadmium (sejenis logam berat), timbal dan zat besi. Susu formula hanya mampu membuat bayi menjadi gendut, tetapi bayi tidak mendapatkan kandungan nutrisi dan zat gizi lainnya yang dibutuhkan, yang semuanya terdapat dalam ASI.

15.Mitos;. Apabila seorang ibu menderita penyakit infeksi, maka dia harus berhenti menyusui.
 Fakta; TIDAK BENAR! Menyusui justru malah akan membuat bayi lebih tahan terhadap infeksi, dengan sedikit sekali pengecualian. Pada saat sang ibu mengalami demam (atau batuk, muntah, diare, ruam, dsb), sang ibu sudah menularkan infeksi tersebut ke bayinya jauh sebelum ibu tahu bahwa ibu sedang menderita sakit infeksi payudara, termasuk di dalamnya rasa sakit dan pembengkakan pada payudara, 
16.Mitos; Apabila bayi menderita diare atau muntah-muntah, maka ibu harus berhenti menyusui. Fakta;TIDAK BENAR! Obat yang paling mujarab untuk infeksi saluran pencernaan bayi adalah ASI. Hentikan segala macam jenis asupan lainnya untuk sementara waktu,

17.Mitos; Apabila seorang ibu sedang mengkonsumsi obat-obatan, maka dia harus berhenti menyusui.
 Fakta;TIDAK BENAR! Hanya sedikit sekali jenis obat-obatan yang tidak aman untuk dikonsumsi selagi ibu sedang menyusui. Apabil ibu sedang minum obat, maka ASI akan mengandung sedikit sekali obat-obatan yang sedang diminum ibu tersebut. Walau begitu, apabila Anda cenderung takut untuk minum obat selama menyusui, ada baiknya Anda mencari obat alternatif yang lebih aman.

18.Mitos;Seorang ibu yang sedang menyusui harus banyak makan untuk dapat memproduksi ASI yang cukup.
Fakta; TIDAK BENAR! Seorang ibu mampu memproduksi ASI secara cukup, kecuali apabila seorang ibu masuk ke kategori sangat kurang gizi untuk periode yang cukup lama.

19.Mitos; Seorang ibu yang sedang menyusui harus minum banyak cairan.
Fakta;TIDAK BENAR! Seorang ibu seharusnya minum sesuai dengan kebutuhan dan rasa hausnya. Ada beberapa ibu-ibu menyusui yang selalu merasa haus ketika sedang menyusui, namun ada juga yang tidak. Jangan terpaku pada ketentuan bahwa harus minum sekian gelas air per hari.

20.Mitos; Bayi memerlukan jenis susu lainnya setelah enam bulan.
Fakta' Tidak benar! ASI memberikan semua kebutuhan bayi yang ada di susu lain bahkan lebih banyak lagi. Bayi berusia lebih dari enam bulan harus dimulai makan makanan padat terutama agar mereka belajar bagaimana makan dan sehingga mereka mulai mendapatkan sumber zat besi laini, yang oleh 7-9 bulan,
Lebih Banyak lagi Mitos dalam Menyusui

21.Mitos;Wanita hamil harus berhenti menyusui.
 Fakta;Tidak benar! Jika ibu dan anakmasih menghendaki, menyusui dapat dilanjutkan.

22.Mitos; Jika bayi tidak menyusu dari payudara selama beberapa hari (minggu), ibu tidak boleh menyusui lagi karena ASI basi.
Fakta; Tidak benar! ASI tetqp bqgus seperti sebelumnbya. ASI di payudara bukan susu atau susu formula dalam botol.

23.Mitos: Setelah olah raga seorang ibu tidak boleh menyusui.
Fakta;Tidak benar! Sama sekali tidak ada alasan mengapa seorang ibu tidak akan bisa menyusui setelah berolahraga.
  Gimana bun udah jelaskan mana yang berar dan yang cuma mitos ga jelas makanya bun pantengin terus blog kesayangan bunda ini ga rugi ko hihi,


1 Response to "Mitos dan fakta ibu menyusui "