IMUNISASI PADA ANAK

siang bun,kali ini penulis akan posting masalah imunisasi.
hayo anak bunda udah di imunisasi lum?penulis harap udah lengkap ya bun.biartambah semangat penulis  kan  bahas malah seputar imunisasi.
sebenarnya tubuh kita sudah di lengkapi sistem imun(kekebala tubuh),namun imun yang ada di tubuh kita perlu di apgrade untuk menangkal serangan penyakit yang tidak bisa di tangkal dengan imun kita sendiri yaitu dengan imunisasi.agar anak tidak mudah sakit imunisasi harus di berikan secara lengkap ya bun,jangan setegah2.harus tuntas dan berkesinambungan.
ada 5 jenis imunisasi yang diberikan secara gratis di posyandu yaitu imunisasi hepatitis B,BCG,polio,DPT-HB ,serta campak,kelima imunisasi itu harus diberikan sebelum anak mnenginjak usia1 tahun.setah anak menginjak usia 1tahun dilanjutkan dengan imunisasi HIB-DPT-HB.
giman bun,banyak kan ,pasti bertanya2apa aja manfaat dari masing imunisasi tersebut,berikut penulis akan jelaskan masing2 jenis imunisasi tersebut;
1.vaksin hepatitis B,diberikanpada bayi baru lahiruntuk mencegah penularan hepatitis b dari ibu ke anak pada proses melahirkan.hepatitis B dapat menyebabkan pengerasan hatiyang dapat menyebabkan ke gagalan pungsi hati bahkan kanker hati.
2. Vaksin BCG,di berikan pada usia anak 1bulan bun,manfaat dari imunisasi ini untuk mencegah penyakit menular tuberkolosis atau tbc,
3.vaksin polio,imunisasi ini di berikan untuk mencegah lumpuh layu,yang di berikan  4 kali,pada anak berumur1,2,3,4bulan.
4.vaksin campak,imunisasi ini di berikan 2kali yaiutu pada saat anak berusian 9bulan dan24bulan,kegunaan imunisasi ini untuk mencegah penyakit peneumonia berat,dimana di tandai dengan ruam pada bagian belakang telinga dan perut.
5. Vaksin DPT-HB-HIB,vaksin ini di berikan pada usia2,3,4 dan18 bulan kegunaan dari imunisasi ini untuk menngkal penyakit difteri(pembekakanpada tenggorokan) pertusis(batuk 100hari),tetanus(kejang otot karna luka infeksi,dan penyakit penumonia berat,radang selaput otak.
 Gimana bun bermanfaat sekali kan fungsi2 dari vaksin tadi,makanyanjangan ragu klo ada imunisasi di posyandu,gratiss bun.
Biar ga bingung dan sesuai jadwal penulis kasih dech jadwal imunisasinya.
Semoga bermanfaat ya bun,mencegah lebih baik dari pada mengobati.inga2 ting"""!!!
 Sumber dari : pusat komunikasi publik direktorat jedral kementrian kesehatan RI,gambar dari IDAI

0 Response to " IMUNISASI PADA ANAK"

Post a Comment